Ia baru mendirikan bisnisnya dua tahun lalu, namun seorang remaja asal Houston Madison Robinson hingga kini belum pernah merasa kesulitan seperti layaknya wirausaha baru lainnya. Setiap pembeli yang ia dekati selalu memesan merek sandalnya: Fish Flops for Kids. Madison mendapat ide sandal bergambar makhluk laut dengan cahaya yang berkelap-kelip yang dioperasikan dengan baterai saat ia masih berusia 8 tahun, saat tinggal di pantai Galveston Island, Texas.
Ayah
Madison, Dan, adalah seorang mantan bankir yang beralih profesi menjadi
perancang T-shirt. Ia membantu Madison mengubah gambar rancangan yang telah ia
buat menjadi produk jadi dan membuat sampel produk.
Lebih
dari 30 toko memesan produk itu saat pertama kali ditampilkan di pameran
perdagangan, sehingga Dan bekerja sama dengan sebuah pabrik di luar negeri dan
mulai mendistribusikannya pada Mei 2011. Diluncurkan dengan dana dari “teman dan keluarga”,
usaha tersebut semakin menguntungkan, ujar Dan.
Sandal
tersebut kini dijual online, di berbagai retail butik dan di 60 toko Nordstorm
di seluruh negeri dengan harga berkisar antara $20 (Rp195 ribu) sepasang. Mereka juga akan segera merilis
situs FlipFlopShops.com, dan para pembeli Macy’s di New York baru-baru ini
meminta Madison merancang sebuah produk untuk wanita dewasa.
Lebih
dari 60 ribu pasang sandal telah terjual pada 2012, sehingga berhasil
mendatangkan pendapatan sebesar $1,2 juta (Rp11,7 miliar). Dan Robinson
mengatakan bahwa putrinya, yang akan lulus dari kelas 9, telah menyisihkan
cukup keuntungannya untuk biaya kuliahnya nanti.
Madison
yang masih berusia 15 tahun menggambar semua rancangan sandalnya dan
memilih kombinasi warnanya secara digital, namun ia juga belajar bagaimana
mengirim produk, menyimpan stok barang, menjelaskan harga yang ia patok,
membawakan produknya di pameran dan meningkatkan penjualan.
Ia
juga telah menguasai pemasaran via media sosial. Melalui akun Twitter
@FishFlops ia berhasil membuat putri dari pembawa acara Entertainment Tonight,
Nancy O’Dell memakai produk sandalnya, dan berhasil menarik perhatian tokoh
kebugaran HSN Tony Little. Tetapi untuk masuk ke Nordstrom,
Madison menggunakan teknik penjualan kuno. "Saya menulis surat kepada
pembeli," katanya kepada reporter Houston Fox.
Di
Teen Choice Awards 2011, ia berhasil membuat para selebritas untuk
menandatangani 300 pasang Fish Flops untuk para pasien di rumah sakit anak di
Texas. Dan dengan menyumbang 10 ribu pasang Fish Flops untuk anak yatim piatu
dan mendukung Texas Parks & Wildlife’s K-12 State Fish Art Contest, ia
berhasil memiliki citra yang baik di media.
Fish
Flops, menurut Madison, sangat kokoh dan dibuat tanpa membuat lubang di sol
sehingga tali tidak mudah putus seperti halnya pada sandal jepit pada umumnya. Pengalaman
juga telah mengasah kemampuannya untuk berbicara di depan umum. Semua praktik
yang ia lalui dengan tampil menjelaskan produknya di pameran industri dan
membuat presentasi kepada para pembeli pusat perbelanjaan yang sulit
ditaklukan, "membuatnya lebih mudah untuk tampil di kelas dan
berbicara," ujarnya.
Madison
menunggu untuk membelanjakan uang hasil keuntungannya. "Ayah saya tidak
akan membiarkan saya menyentuh uang itu," katanya. "Ini untuk
kuliah." Gebrakan apa yang akan dilakukan
pendiri Fish Flops selanjutnya? Setelah libur musim panas ia berharap untuk
bisa mengambil kelas bisnis dan keuangan di kelas 10. Ia juga berencana untuk
belajar bisnis di perguruan tinggi. “Nantinya, saya ingin melakukan sesuatu sendiri,”
ujarnya.
0 comments:
Post a Comment