Breaking News
Loading...
Sunday 23 June 2013

Vanis Buckholz - My ReCycler


Vanis Buckholz adalah murid kelas 4 Harbor View Elementary School di Corona del Mar, Newport Beach City. Di sela-sela kesibukannya sebagai pelajar, Vanis menghabiskan waktu sebagai pengusaha cilik. Ia mempunyai usaha daur ulang yang bernama My ReCycler.

My ReCycler didirikan Vanis ketika usianya baru 7 tahun. Ide mendirikan usaha daur ulang ini datang saat dirinya mengerjakan tugas sekolah tentang daur ulang. Waktu itu, Vanis baru mengetahui betapa banyak sampah yang yang masih bisa berguna terbuang percuma setiap harinya. Karenanya, Vanis memutuskan untuk mengelola sampah-sampah tersebut sehingga bisa membawa manfaat bagi orang lain.

Vanis menjalankan usahannya dengan cara mengumpulkan sampah-sampah daur ulang yang berserakkan di pantai, pinggir jalan hingga area parkir. Dalam melakukan pekerjaan, Vanis memakai sepeda. Setelah sampah-sampah itu terkumpul, Vanis membawanya pulang untuk kemudian dijual ke perusahaan daur ulang.



Setelah 3 tahun berdiri, My ReCycler tumbuh pesat. Vanis tak hanya mengumpulkan sampah reusable di tempat tertentu saja. Bocah berkacamata ini telah memperluas jangkauan dengan mengangkut sampah reusable serta barang bekas milik tetangga, sanak saudara dan orang-orang di sekitarnya. Dalam melakukan pekerjaannya, Vanis tak lagi menggunakan sepeda melainkan truk yang dikemudikan sang ayah, Dave Buckholz.

Kesuksesan yang didapat Vanis tak membuatnya lupa diri atau sombong. Dengan kekayaan yang dimilikinya dari bisnis My ReCycler, Vanis berupaya membantu orang-orang miskin. Ia menyumbangkan sebagian pendapatannya untuk sesama yang membutuhkan itu.

“Saya memulai usaha daur ulang dengan mengumpulkan gelas plastik, aluminium dan kertas. Sesudah itu, saya mulai mengumpulkan barang bekas yang bisa didaur ulang dari teman dan tetangga,” jelas Vanis di hadapan anggota Dewan Kota, Selasa (22/1). “Seiring dengan pertumbuhan bisnis saya, orangtua menyarankan agar saya bisa melakukan hal yang lebih baik selain menyelamatkan lingkungan melalui My ReCycler. Mereka lantas mengajarkan saya untuk beramal.”

Mengikuti nasihat orangtuanya, Vanis lalu bergabung dengan program Project Hope Alliance. Program itu diluncurkan untuk membantu orang miskin yang tak mempunyai rumah di Orange County. “Uang yang saya peroleh dari bisnis daur ulang, 25 persen saya sumbangkan ke Project Hope, 25 persen untuk mengelola bisnis dan sisanya saya tabung,” tutur Vanis.

Melalui dana sumbangan Vanis, banyak anak-anak miskin yang kini terbantu dari bidang pendidikan. Vanis pun semakin giat dan semangat mengelola My ReCycler. Karena ia tahu, bukan hanya dirinya yang bisa merasakan keuntungannya tapi juga banyak orang.

Vanis diundang dalam acara rapat Dewan Kota Newport Beach City, California, Amerika Serikat, untuk mempresentasikan usahanya itu dan membuat Dewan Kota terkesan mendengarnya.

Sumber

Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer